8.150 km Ditempuh Pria Uighur Ini Supaya bisa Ibadah Haji Meski Hanya Bersepeda


Kabar mengharukan datang dari Uighur (mayoritas muslim) daerah otoritas jajahan China. Bagaimana tidak, Mohammad pria muslim ini melakukan ibadah haji dari Uighur menuju mekah dengan menggunakan sepeda, padahal jarak tempuhnya adalah 8.150 km.

Media lokal di Saudi Arabia melaporkan bahwa Mohammad tiba di kota Kaif pada akhir pekan lalu. Kedatangannya juga telah disambut oleh para penggemar sepeda di kota Kaif. Ia juga telah diantarkan ke Mekkah oleh para penggemar sepeda tersebut. 

Saat tiba di kota Kaif, kondisi fisiknya begitu sehat dan ia juga sangat semangat. Meski hanya membawa keperluan ibadah yang sederhana, Mohammad terlihat begitu mantap untuk menunaikan ibadah haji dan terlihat begitu bahagia.

Nayer Al Rawas salah satu orang yang menyambut Mohammad mengatakan “Kami akan menemani dia sebelum ibadah haji dilakukan. Kami mengajaknya untuk menemui teman-teman lain yang juga menggemari sepeda. Ia terlihat begitu semangat. Ia adalah seorang saudara yang begitu luar biasa."

Perlu diketahui Otoritas China yang notabene negara komunis menganggap muslim di Xinjiang adalah pemberontak. China tidak segan menekan, menteror, bahkan melarang muslim untuk berpuasa seperti pada Ramadhan 1437 H lalu. 

Baca ini : 
  1. http://www.cnnindonesia.com/internasional/20160608074701-113-136570/china-kembali-larang-muslim-di-xinjiang-berpuasa/
  2. http://international.sindonews.com/read/1114590/40/larang-muslim-xinjiang-puasa-ramadan-komitmen-china-diragukan-1465262380
  3. http://internasional.kompas.com/read/2016/06/06/18373481/otoritas.china.di.xinjiang.melarang.berpuasa.selama.ramadhan
Screen shot dari Kompas

Gubernur Ahok  yang notabene adalah keturunan china sudah berani melarang kewajiban berjilbab disekolah negri, padahal tidak seharusnya dia ikut campur urusan agama orang lain. Lalu apa yang akan diperbuat, jika kekuasaannya semakin membesar?

Larang ahok terhadap mayoritas muslim jakarta :
  1. Ahok Larang Sekolah Negeri Wajibkan Siswinya Pakai Jilbab
  2. Pedasnya Ahok tolak keinginan FPI takbir keliling DKI

Screen Shot dari Kompas