Tahar Diberhentikan Jokowi, Reuters Menulis “Ini kesalahan memalukan..........."




[Jahizu.com] -  Pemberhentian secara hormat Jokowi kepada Archandra Tahar sebagai Mentri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) ternyata mendapat sorotan dari media barat. Melalui halamanya Washington post membuat judul “Indonesian energy minister dismissed for dual citizenship” (Menteri Indonesia Dipecat karena Dwikewarganegaraan)

Seperti yang dikutip oleh republika.com, Washington Post menulis, Tahar (45 tahun) menghabiskan lebih dari 20 tahun di Amerika Serikat. Dia dilaporkan memiliki baik paspor AS dan paspor Indonesia. Ia masuk Indonesia menggunakan salah satu Indonesia ketika ia dipanggil pulang oleh Jokowi untuk mengambil pos menteri ESDM.

Demikian juga Reuters bahkan lebih tajam lagi mengkritisi, kantor berita berbahasa Inggris Reuters mengutip pernyataan analis yang mengatakan, pencopotan Arcandra Tahar merupakan sesuatu yang memalukan dalam waktu kurang dari tiga pekan. Analis dari Concord Consulting, Keith Loveard ini adalah kesalahan yang memalukan dari pemerintahan saat ini. “Ini kesalahan memalukan di bawah pemerintahan meski dengan uji kelayakan yang paling mendasar,”kata dia menambahkan