Terungkap ! Tak Satupun Raja Batak Pakai 'WIG' seperti Jokowi lewat Bukti Foto-foto Seabad yang Lalu

Presiden Joko Widodo saat mengikuti Karnaval Kemerdekaan Pesona Indonesia (kiri) Ompoe Radja Maoealoe Sirait saat berada di Samosir (Kanan)
Presiden Joko Widodo saat mengikuti Karnaval Kemerdekaan Pesona Indonesia (kiri) Ompoe Radja Maoealoe Sirait saat berada di Samosir (Kanan)
 
[Jahizu.com] Sabtu (20/8) pada kunjungan kerja ke Sumatera Utara untuk meninjau kawasan yang akan dijadikan objek wisata pada kabupaten Hasadutan. Dalam rangkai acara karnaval tersebut Jokowi diperkirakan memakai wig atau rambut palsu. Sontak hal ini menjadi perbincangan netizen.

Seorang sejarawan Universitas Negeri Medan Ichwan Azhari  menguak bahwasanya apa yang dikenakan oleh Jokowi pada acara tersebut bukanlah penutup kepala raja-raja batak, seperti yang diklaim oleh panitia acara.
Baca Juga : Dosen Universitas Sumatera Utara :Masa Orang Batak Mempermalukan Presidennya Sendiri

Lewat akun facebooknya, Ia memperlihatkan foto-foto raja batak yang mengenakan penutup kepala yang sempat didokumentasikan pada akhir abad ke-19 sampai awal abad ke-20.
Dari gambar yang diposting oleh Ichwan tidak satupun penutup kepala yang sama dengan yang dikenakan jokowi.

Kegiatan Jokowi dalam rangka memperkenalkan acara yang akan diselenggarakan setiap tahun yakni, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, saat melakukan kunjungan di Balige, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara, Sabtu (20/8/2016) kemarin.

Lihat video parade karnaval yang diikuti Jokowi:




Berikut tulisan Ichwan di akun FB-nya :
 
"Di media sosial ada diskusi hangat tentang penutup kepala Jokowi saat acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige 21 Agustus 2016."

"Banyak yang bilang itu penutup kepala moderen yang tidak ada hubungannya dengan tradisi penutup kepala budaya Batak. Ada juga yang membilang itu masih berkaitan dengan budaya Batak."

"Untuk membandingkan, patik lihat lihat diantara ratusan foto koleksi 'Roemah Sedjarah Medan' ada beberapa puluh penutup kepala para kepala adat, raja, tokoh masyarakat Toba pada akhir abad 19 dan awal abad 20."
"Di antara foto foto yang ditampilkan ini ada foto Radja Pontas. Foto foto ini repro arsip dari berbagai perpustakaan di Eropa, terutama dari Arsip VEM Wuppertal Jerman."
"Foto ini penting untuk studi sejarah kebudayaan, Antropologi Pakaian dalam tradisi Toba. Foto utuh dapat di pesan ke 'Roemah Sedjarah Medan'."

Berikut dua foto yang diunggah ichwan lewat fb:




Satu lagi, dibawah ini adalah raja Pontas Lumbantobing (raja batak) yang diambil dari wikipedia. Foto itu diambil pada tahun 1890 dan merupakan koleksi Bierens de Haan, A. Sampai sekarang foto ini masih tersimpan rapi di negeri Belanda.

Raja Pontas Limbantobing


Tidak ada satupun dari foto-foto raja batak diatas yang sama dengan yang dipakai jokowi pada acara karnaval sabtu kemarin. Lalu salah siapa dan siapa yang mesti bertanggung jawab sampai seorang presiden dipermalukan sejagat maya?