Mengejutkan! Fakta Tentang Ormas GMBI Yang Serang FPI, Netizen: Kumpulan Preman Ternyata


Massa FPI yang sudah membubarkan diri usai pemeriksaan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di Mapolda Jawa Barat, Kamis (12/1/2017), tiba-tiba diserang oleh massa dari GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia). Salah satu mobil yang membawa rombongan FPI diserang hingga hancur. Beberapa anggota FPI babak belur dipukuli.
Sontak umat Islam kaget atas penyerangan brutal ini. Mereka juga bertanya-tanya GMBI itu LSM/Ormas apa? Dari penelusuran redaksi PORTAL-ISLAM.ID di Google, ada beberapa hal MENGEJUTKAN yang terungkap, diantaranya:
GMBI ternyata pernah melaporkan Walikota Bandung Ridwan Kamil pada 2015. Kang Emil, demikian sapaannya, mengatakan, ada pihak yang mau menghancurkan dirinya dan keluarganya lewat laporan kepada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat mengenai dugaan korupsi dana senilai Rp 1,3 miliar terkait Bandung Creative City Forum (BCCF). “Intinya ada yang mau menjatuhkan, menghancurkan nama baik saya,” ujarnya di Bandung (21/9).
Dalam proses pemeriksaan, kata Emil, kejaksaan pun tidak mencium adanya indikasi korupsi atas hal yang dituduhkan pihak pelapor. “Siapa yang melaporkan? Yang melaporkan itu LSM (lembaga swadaya masyarakat), yang hobinya demo-demo gitu,” kata Emil. Saat ditanya nama LSM yang melaporkannya, Emil menjawab singkat, “GMBI.”
Link: https://m.eramuslim.com/berita/nasional/ridwan-kamil-ada-yang-ingin-hancurkan-nama-baik-saya.htm
Selanjutnya, GMBI ternyata juga  kerjasama dengan tim Nawa Cita adiknya Jokowi.  Di Bandung, Tim Nawa Desa, Divisi Nawacita menjalin kerjasama dengan LSM GMBI. Kerjasama ini bertujuan membangun desa di seluruh Indonesia. Tim Nawacita langsung dihadiri adik Presiden Jokowi, Joko Daryanto dan tim Nawa Desa, Gigih. Kehadiran mereka di Bandung juga dalam rangka mensosialisasikan program Nawacita dari Presiden Jokowi, sekaligus memonitoring sejauh mana program Nawacita berjalan.
Di hadapan keluarga besar GMBI, Penasihat Tim Nawacita, Joko Daryanto mengatakan, Nawacita merupakan program yang sifatnya sosial, sekaligus memantau potensi daerah yang tidak dimunculkan secara nasional. Jika daerah memiliki potensi bagus, pendanaannya tidak harus melalui daerah, tapi bisa dari pemerintah pusat.
“Tim Nawacita mengontrol semua aktifitas di desa, dengan kata lain tol desa. MoU Tim Nawacita dan Nawa Desa dengan GMBI sudah berjalan. Kedepan kedua tim ini akan menyerap seluruh program dari Kementerian, diantaranya dari Kementerian Desa,” terang Joko.
Link: http://bandung.pojoksatu.id/read/2016/09/01/tim-nawacita-gandeng-gmbi/
Semenetara itu, GMBI dulu juga mempolisikan TEMPO karena membongkar rekening gendut. GMBI melaporkan majalah Tempo edisi “Bukan Sembarang Rekening Gendut”, 19-25 Januari 2015. GMBI melaporkan ke Bareskrim lantaran majalah Tempo menuliskan aliran dana Komisaris Jenderal Budi Gunawan ke sejumlah pihak.
Link: https://m.tempo.co/read/news/2015/03/06/078647647/tempo-dipolisikan-ini-profil-gmbi-sebagai-pelapor
Namun yang paling mengejutkan, ternyata, Ketua Dewan Pembina GMBI adalah Irjen Pol Anton Charliyan (Kapolda Jabar).
Link: http://bandung.pojoksatu.id/read/2016/03/27/irjen-pol-anton-charliyan-sebut-narkoba-musuh-gmbi/
Pantauan redaksi eveline, mendapati netizen berkomentar soal fakta mengejutkan tentang ormas GMBI yang serang FPI. “@DivHumasPolri @Puspen_TNI @tni_ad Jangan jadi PECUNDANG Pak Tito, jk anda diam..akan jadi konflik yg meluas”. Dikicaukan akun @Sharingan_NKRI, nampak menyampaikan kekhawatirannya. Netizen ini juga mengingatkan jajaran Polri dan TNI agar segera turun tangan menangani persoalan ini.
Selanjutnya, seorang netizen bernama Zahrawati, menuliskan pendapatnya, “ulama d tokoh islam mereka musuhi bahkan dgn kekerasan. Astagfirullah. klu sama Fpi seperti langit dan bumi. Fpi jelas bela agama d NKRI. klu ada musibah bencana terdepan berangkat menolong. terdepan menegakkan nahi munkar. terdepan membela Nkri setelah TNI d Polri. klu gmbi apa ya yg dibela”.
Sedang netizen lain, terlihat terkejut kala mengetahui fakta mengengai ormas GMBI tersebut. “Oh kumpulan preman ternyata.tapi ketua dewan pembnanya polisi toh.mereka benci amat ya ke kelompok umat islam dan orang baik model ridwan kamil.umat islam telah memandai anda GMBI”. Dituliskan netizen bernama Edit Ip. [eve]